Suara Satwa (Media Informasi ProFauna Indonesia)

Volume X No.3/Juli-September 2006

Mengenal Perbedaan Paus dan Ikan




Daftar Isi

 

Kita sering mendengar dan melihat di televisi tentang paus, dan mungkin pernah menyaksikan film-film yang bertemakan paus-paus pembunuh dan petualangannya, untuk lebih memahami tentang paus alangkah baiknya kita menambah pengetahuan dengan membaca artikel berikut ini.

Perbedaan Antara Paus dan Ikan adalah:

  • Paus memiliki kelopak mata sedangkan ikan tidak memiliki kelopak mata.
  • Paus memiliki sirip punggung dan sirip (kaki depan) yang terdapat tulang jari di dalamnya sedangkan ikan memiliki sirip punggung, sirip, sirip perut dan sirip dubur.
  • Paus memiliki lubang hidung yang digunakan untuk bernafas dan menghirup udara sedangkan ikan memiliki insang untuk membantu pernafasannya.
  • Kulit paus seperti karet sedangkan ikan mempunyai sisik.
  • Paus memiliki sirip ekor yang letaknya horizontal (mendatar) sedangkan ikan memiliki sirip ekor yang letaknya vertical (berdiri).
  • Paus berenang dengan menggerak-gerakkan sirip ekornya ke atas dan ke bawah sedangkan ikan berenang dengan menggerak-gerakkan sirip ekornya ke kiri dan ke kanan.
  • Bayi paus lahir dari dalam perut induknya. Begitu lahir bayi ikan paus segera menghirup udara, bayi ikan paus minum susu ibunya dan menjadi besar, dan induk ikan paus membesarkan anaknya dengan hati-hati. Sedangkan induk ikan bertelur, bayi ikan tersebut menetas dari telur mencari makan sendiri sehingga menjadi besar.

Ada beberapa jenis paus, yaitu:

  1. Lumba-lumba kecil
  2. Lumba-lumba berkelompok
  3. Beluga
  4. Lumba-lumba putih dari Pasifik
  5. Pesut
  6. Paus bertanduk
  7. Paus lepas pantai
  8. Paus pembunuh
  9. Paus musang
  10. Paus bermoncong botol
  11. Paus abu-abu
  12. Paus berpunuk
  13. Sarden
  14. Paus bersperma
  15. Paus bersirip punggung
  16. Paus biru

Paus biru merupakan paus terbesar, perbandingan besar tubuhnya adalah apabila sekitar 60 anak Taman Kanak-Kanak berdiri saling merentangkan tangan dalam bentuk oval. Paus biri ini mempunyai berat kira-kira sama dengan 20 ekor gajah Afrika.

Terkadang kita melihat ikan paus bisa mengeluarkan air mancur, hal itu terjadi karena paus bernafas. Yang menyembur berwarna putih itu adalah nafas yang dihembuskan ikan paus, bukan air laut. Yang terlihat putih seperti air mancur adalah nafasnya pada saat hari dingin yang seketika itu menjadi berwarna putih. Karena paus tidak dapat bernafas di dalam air seperti ikan, sesekali mereka muncul ke permukaan air untuk menghirup udara. Pada saat menghirup udara, lubang hidungnya membuka sedangkan pada saat di dalam air menutup.

Dilihat dari gigi, paus dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Paus bergigi yaitu ikan paus yang memiliki gigi seperti paus lumba-lumba kecil, lumba-lumba berkelompok, beluga, paus lepas pantai, paus bermoncong botol, paus pembunuh, paus bersperma dan paus bertanduk.
  2. Paus bermisai yaitu ikan paus yang tidak memiliki gigi seperti paus abu-abu, paus sebenarnya, sarden, paus musang, paus bersirip punggung paus berpunuk dan paus biru. Sebagai pengganti gigi, misaim ikan paus ini bisa masuk ke dalam rahang atasnya. Jenis ikan paus ini bertubuh sangat besar.

Perbedaan antara paus bergigi dengan bermisai yaitu:

  • Paus bermisai memakan ikan-ikan kecil dan udang. Ketika membuka mulut, ia menggembungkan kerongkongannya dan memasukkan banyak makanan bersama-sama dengan air laut ke dalam mulutnya. Ketika ia menutup mulutnya ia hanya mengeluarkan air laut dari dalam mulutnya. Dengan kata lain, dengan misainya paus menyaring makanannya, kemudian memakannya. Paus biru yang bertubuh sangat besar dalam satu hari makan udang kira-kira 4000 kilogram.
  • Paus bergigi makan ikan dan sotong. Begitu menemukan ikan dan sotong , ia segera memburunya dengan cepat. Dan dengan giginya yang runcing, paus menangkap mangsanya satu persatu.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan paus, yaitu:

  • Paus tidak pernah tidur karena ia harus selalu muncul di permukaan air untuk menghirup udara.
  • Paus bisa bersikap lemah lembut, tetapi bisa juga melukai manusia, karena itu paus tidak hanya makan makhluk laut, namun ada juga manusia yang bekerja sama sangat baik dengan paus.
  • Yang paling mengagumkan adalah paus bersperma. Dia dapat menahan napas selama 90 menit. Kemudian dia dapat menangkap mangsanya di kedalaman 3000 meter.
  • Dibawah mulut paus terdapat garis-gais, garis-garis tersebut membantu melebarkan kerongkongannya saat dia harus meletakkan banyak makanan di dalam mulutnya.
  • Paus merupakan binatang yang paling kuat diseluruh lautan, hamper tidak ada lawan bagi paus yang bertubuh besar. Terutama paus pembunuh yang memiliki tubuh sangat besar dan kuat. Ikan hiu pun bisa dikalahkan olehnya.
  • Paus yang paling panjang umurnya adalah paus bersirip punggung yaitu kira-kira 116 tahun. Sedangkan ikan paus bersperma paling panjang umurnya kira-kira 77 tahun. Lumba-lumba kira-kira 40 tahun.

dari berbagai sumber

Drh. BQ. Erni N.

 

Kembali  |  Index  |  Home